http://adiedkhazblackbook.blogspot.com Adie Dkhaz : Cara Membuat Service Log (Measurement Record)

Thursday 12 June 2014

Cara Membuat Service Log (Measurement Record)


June 5, 2014 at 3:44am
Sebelum membuat service log pertama2 kita harus memiliki schema sebagai acuan masing masing teknisi  untuk bisa menganalisa permasalahan tanpa harus melihat motherboardnya.Informasi dari schema dan datasheet adalah acuan pengukuran,nilai pengukuran pada setiap titik ukur dapat  dijadikan  informasi  untuk memahami kondisi Motherboard yang sedang dikerjakan .
Kesalahan pengukuran  dapat menyesatkan dalam mengidentifikasikan permasalahan yang terjadi .tentu saja hal ini akan berpengaruh besar terhadap  eksekusi yang akan dilakukan.Penyebutan gejala dan permasalahan ini diharapkan menjadi acuan bagi teknisi untuk menentukan lokasi pencarian sumber permasalah yang terjadi pada Motherboard Laptop Khususnya.

Berikut Defenisi umum istilah-istilah teknisi terhadap gejala umum kerusakan Laptop :

1.Matot=Mati Total=matol=tidak ada indikator/lampu yg hidup satupun.tdk ada pergerakan apapun.Permasalahan ini disebut dengan Power MODUL (berkaitan dengan Bios,IC bios ,VALW 19V,5V dan 3V).
catatan: (Motherboard tertentu ada yg 5V dan 3V yang seharusnya berada pada jalur VALW berada pada Jalur VS/di swicth on barulah 3V dan 5V hadir)

2.Short Jalur VALW (colok adaptor drop/blinking)Pengguna PSU (tegangan PSU drop,amper naik drastis)
Permasalahan di jalur VALW utama mulai dari jalur VIN-VBAT+(component shorted)

2.No display=no post=boot failur=indikator lampu charger hidup,ditekan tombol power laptop hidup tetapi tidak tampilan dilayar.
Permasalahan berkaitan BOOT FAILUR ,lokasi permasalahan(thermal sensor,clock generator,cmos,Bios,IC Bios,EC/SIO ,VCCORE,VCCRAM,VCCP(procesor,memory,SB/NB/ICH/PCH/VGA).missing Voltage and gate driver.

3.Power Drop=VS Failur=indikator lampu charger hidup atau mati,ditekan tombol power laptop hidup(led/lampu power on hidup) tetapi beberapa saat/detik mati lagi. Power drop disebabkan oleh Bios,IC Bios,EC/SIO ,power spike (lonjakan)tegangan,kekurangan tegangan,jalur VS/S5_ON short termasuk chip short

4.Tidak bisa di switch=indikator lampu charger hidup jika menggunakan bbattery,ditekan tombol power laptop tidak ada respon apapun.
Permasalahan berkaitan VSB(Power swictch button),vcc VSB,bios,ic  bios .EC/SB.Missing switching signal.

5.Blank Putih = indikator lampu charger hidup,ditekan tombol power laptop hidup tampilan dilayar hanya berwarna putih polos.
Permasalahan berkaitan dengan LCD/led,cable,conector,LVDS,VCC ,VDD,VGA


6.Back light mati/display tetapi layar gelap (menggunakan external monitor normal)
Inverter,neon putus,INV_VCC,INV_FUSE,BL_ON missing signal


Mengenal permasalahan membuat kita memahami tujuan pencarian dalam schema. Pencarian tanpa tujuan akan membuat kita berputar tanpa arah dan tidak akan menemukan permasalahan .Fahami terlebih dahulu bagian bagian dalam schema berdasarkan gejala permasalahan diatas .Mengenal symbol yang mewakili jalur dan component serta cara mengujinya tentu saja sangat dibutuhkan. Dengan memahami cara kerja component dalam circuit tentu saja akan memudahkan kita untuk menemukan penyebab tegangan dan signal yang hilang.
Cara mudah untuk mengetahui tegangan dan signal yang wajib ada agar motherboard bekerja dengan normal adalah dengan menemukan Voltage Rail yang ada pada schema masing masing motherboard,pastikan kode motherboard sama dengan schemanya agar tidak terjadi kesalahan analisa.Tugas teknisi adalah memastikan semua tegangan dan signal yang tertera pada Voltage Rail ada pada titik ukur pada motherboard .Jadikan schema sebagai acuan titik ukur dan lakukan pencatatan.Dengan adanya catatan ini (service log) setiap servisan akan memiliki detil pengukuran dan jika dipending dengan melihat service lognya teknisi dapat melanjutkan pengerjaan tanpa harus mengulangi proses analisa dari semula.atau jika mentok (kehabisan alternatif) catatan ini dapat menjadi bahan diskusi bagi sesama teknisi dan berbagi pengalamannya.

No comments:

Post a Comment