http://adiedkhazblackbook.blogspot.com Adie Dkhaz : Ilmu Dasar Penggunaan PSU

Thursday, 3 April 2014

Ilmu Dasar Penggunaan PSU

Pemahaman dasar tentang penggunaan PSU adalah memahami perbedaan antara Current dan Voltage (arus dan tegangan) . arus nilai satuannya disebut dengan amper sedangkan Voltase/tegangan nilai satuannya Volt. Dengan adanya Potensio kita dapat merubah nilai Voltase sesuai dengan kebutuhan power supply masing masing motherboard .Khusus untuk motherboard Laptop kebutuhan power(Voltage/Tegangan) atau lebih dikenal dengan ADP+ (adapter power supply) umumnya berkisar 15V sampai dengan 20V .Sedangkan kebutuhan Arus (current) berkisar antara 2A sampai dengan 5A.

Menggunakan PSU ditambah dengan Universal Jack adaptor bisa menjadi all in one adaptor usage , kita dapat melihat besaran konsumsi arus sebuah circuit dengan melihat amper monitor pada saat tegangan diberikan kepada sebuah circuit.Perhatikan pada saat tegangan dimasukkan ke dalam sebuah circuit ,jika nilai amper 0000 berarti tegangan belum masuk kedalam sircuit. Pastikan menggunakan Jack yang tepat utk masing masing motherboard. nilai amper 0001 s/d 009 menandakan tegangan sudah masuk sampai ke Jack power pada sircuit .Untuk motherboard yang memiliki fitur ADP_ID jika jack universal tidak mendukung tegangan akan terhenti di jalur VALW utama seolah olah ADP_FET tidak meloloskan tegangan yang seharusnya sampai ke BAT_FET .hal ini terjadi pada kebanyakan motherboard hp-compaq-dell-lenovo .Untuk merk merk ini jika PSU mengindikasikan arus terhenti pada Jack motherboard sebaiknya gunakan original adaptornya untuk menghindari kesalahan analisa dan eksekusi.
Selain berfungsi sebagai adaptor PSU sangat efektif untuk mendeteksi Feed back (arus balik) gejalanya jika pada saat tegangan dimasukkan arus menunjukkan besaran amper yang meningkat drastis sedangkan tegangan menurun atau drop .Gejala ini menandakan adanya komponen atau jalur yang menyatukan kutub positif dan negatif pada sircuit tersebut (Short).Pengaturan potensio arus/current dapat diturunkan dan di naikkan pada saat tegangan berbenturan dengan arus balik (feedback) sehingga komponen atau jalur penyebab short akan panas dan mudah untuk ditemukan.Kecilkan potensio arus dan naikkan perlahan agar memberikan waktu untuk kita meraba komponen untuk menghindari komponen yang panasnya terlalu drastis .
Perlu diingat pada saat PSU dijadikan adaptor kembalikan settingan potensio arus minimal di tengah .Settingan potensio yang terlalu rendah akan membuat arus tertahan pada saat laptop membutuhkan maksimal arus power akan drop seperti gejala power drop atau restart .Kesalahan analisa bisa berakibat fatal bahkan ada yang mengganti SB chip hanya karena kesalahan analisa diakibatkan adaptor suplply kekurangan ARUS.
Kegunaan yang lainnya PSU memiliki Potensio Pengaturan besaran tegangan yang dapat diatur sesuai tegangan Voltage Rail .Pada saat kita menemukan adanya missing Voltage dan signal kita dapat menguji dengan memberikan suntikan tegangan sebesar voltase atau signal yang hilang .Jika kita sudah pasti lokasi voltase dan signal yang hilang maka dengan mudah kita mengetahui komponen pembangkitnya dan menggantikannya dengan yang baik.