http://adiedkhazblackbook.blogspot.com Adie Dkhaz : Franchise opportunities and Franchise for sale

Thursday 2 April 2015

Franchise opportunities and Franchise for sale

Latar Belakang
Didalam pengembangan usaha jasa service laptop (JSL) kadangkita sering di hadapkan dengan permasalahan permasalahan dalam hal kontrol. Kendala itu sangat yang berhubungan dengan kemampuan dibidang teknis seperti kurangnya skill dari teknisi, tidak ada atau sulit untuk mendapatkan informasi - informasi .Sebagaimana kita ketahui bahwa perkembangan teknologi dalam meningkatkan spesifikasi dan kinerja hardware berpacu dengan waktu dan sangat mempengaruhi terhadap perkembangan PCB circuit design yang akan beredar di pasaran ,begitu pula dengan variasi permasalahan dalam perbaikan Laptop motherboard,pengelola bisnis ini dituntut untuk terus mengikuti perubahan perubahan didalam hal teknis .
Jasa utama adalah memperbaiki semua kerusakan pada notebook/ netbook (software dan hardware) perawatan rutin ,menyediakan suku cadangmemperbaiki semua merek dan seri komputer laptop.
Termasuk perbaikan electronic circuit,penggantian peripheraldan komponen elektronik khusus untuk motherboard laptop serta melatih tenaga Profesional Teknisi laptop siap pakai , technical support secara on_ line yangtelah tersebar di seluruh kota kota besar sampai kepelosok daerah di seluruhindonesia .
Dkhaz Computer lahir pertama kalinya di kota Batam-Kepulauan Riau diawali dengan memasukkan kompoter Desktop dan monitor rongsokan/limbah dari Singapura untuk diperbaiki (refurbish) pada tahun 2002 dengan nama DKHAZComputer .kemudian setelah diperbaiki perangkat diatas dijual dengan sebutanComputer dan monitor bekas ex-singapura dan disuplay ke pulau sumatera danJawa. Tahun 2004 DKHAZ Computer mulai berkonsentrasi pada Laptop Computer yangpada akhirnya hanya memperbaiki dan menjual Laptop Computer saja sampai padaakhir 2007 . Regulasi Pemerintah yang mulai memperketat masuknya limbah Computer dari Singapura menghentikan pasokan bahan dari Singapura DKHAZComputer pada akhirnya hanya menerima perbaikan Laptop computer lokal saja,regulasi yang mempersulit keluar masuknya Laptop computer dari Batam menjadikendala terhadap servisan yang dikirim dari luar Batam membuat bisnis ini menjadi lesu dan pada akhirnya pada February 2008 pindah ke kota Yogyakarta dengan nama Dkhaz djogja . pertama kali berlokasi di Jl.Babarsari depok-Sleman-Yogyakarta .Bintang bersinar kembali pada bisnis ini disebabkan tidak banyaknya persaingan di kota ini sedangkan hampir seluruh dari mahasiswa dikota pelajar ini menggunakan Laptop Computer dan tentunya membutuhkan jasa perawatan dan perbaikan.

Terkonsentrasi kepada perbaikan dan penggantian peripheral Dkhaz djogja menghentikan kegiatan penjualan dan memilih hanya untuk menerima Jasa perbaikan software dan hardware saja. Tarif Jasa perbaikan pada tahun 2008 berkisar Rp 700.000 sampai dengan Rp 1.500.000 sementara biaya yang dikeluarkan guna penggantian komponen pada motherboard laptop hanya berkisar 10% saja dari harga jasa yang diberikan,bahkan ada juga dengan biaya 0% . Dengan keuntungan10X lipat dari modal kerja menarik banyak minat pemain pemain baru untukmengikuti bisnis ini di tandai dengan banyaknya permintaan pelatihan Teknisi Laptop dari seluruh pelosok Indonesia Dkhaz Djogja membuka Pelatihan TeknisiProfesional dengan nama adiedkhaz.com pada tahun 2009 sampai sekarang .alumni kami telah tersebar di 33 propinsi dan kabupaten mulai dari Aceh sampai ke Papua dengan predikat Laptop Service Center yang direkomendasikan di seluruh Indonesia .

Dengan tumbuh kembangnya dan banyaknya follower pada bisnisini ,persaingan harga tidak dapat terelakkan pada akhirnya jasa perbaikan motherboard Laptop hari ini di pulau jawa dan Bali berkisar Rp 450.000 sampai dengan Rp 800.000 dengan biaya dasar rata rata 15% dari harga jasa .Namundemikian pengguna Laptop Computer saat ini tidak hanya dikalangan pekerja dan mahasiswa saja tetapi sudah digunakan rata rata setiap jiwa mulai tahap pendidikan sekolah dasar . Jika Penduduk suatu kota berjumlah 500.000 Kepalakeluarga ,maka jumlah Laptop Computer dikalikan 2 (dua) karena rata rata setiapKK memiliki 2 (dua) buah Laptop computer dirumahnya . Tentu saja perangkat inimembutuhkan perawatan rutin dan perbaikan software dan hardware .

Jika ratarata asumsi terendahnya setiap harinya hanya 2(unit) saja Laptop yang rusakuntuk 1 service center maka rata rata perbulannya bisa melayani 50 unit Laptopuntuk 25 hari kerja . Jika Rata rata jasa perbaikan dihargai Rp 400.000 makanilai Jasa perbulannya sebesar  Rp20.000.000 belum termasuk jasa perbaikan software dan penjualan peripheral dan aksesoriesnya.
Begitu banyaknya konsumen hari ini membuat Dkhaz Djogja kewalahan melayani servisan yang datang dari dalam dan luar kota sehingga banyak servisan yang overload pengerjaan nya yang tentu saja hal ini jika dibiarkan akan merugikan konsumen dan pihak Dkhaz Djogja .Oleh karena itu kami menawarkan FRANCHISE  kepada pihak lain yang memiliki usaha penjualan Laptop Computer yang tidak memiliki devisi service tanpa harus memiliki keilmuan dibidang ini.

Dkhaz Djogja menawarkan pembuatan workshop dan pengadaan peralatan professional serta melatih tenaga siap pakai ,penempatan supervisi tenaga professional sampai worshop tersebut siap beroperasi independent serta memberikan akses dukungan teknis secara online oleh tenaga tenaga professional alumni terbaik adiedkhaz.com yang tersebar diseluruh Indonesia dengan system waralaba (Franchise).

     Persyaratan franchisee
  1. Sudah memiliki usaha dibidang IT Hardware,penjualan Computer tetapi belum memiliki workshop sendiri atau pun sudah memiliki workshop tetapi tidak memiliki tenaga yang terampil dan professional
  2. Tidak membuka usaha diwilayah wilayah yang Quotanya sudah terisi dan mematuhi regulasi Franchisor untukmenghindari perebutan pasar antara member alumniadiedkhaz.com dengan franchisee.

       Kewajiban franchisor    
  1. Memberikan masukan tentang lokasi stategis untukmenjalankan usaha JSL.
  2. Bertanggung jawab untuk masalah design tempat/toko(ini bertujuan agar semua outlet memiliki bentuk yang sama)
  3. Menseleksi calon teknisi dan administrasi yg diajukan oleh franchisee
  4. Bertanggung Jawab untuk memberikan pelatihantahap awal pada teknisi
  5. Bertaggung jawab memberikan training untukbagian administasi (handling customer)
  6. Memberikan pelatihan lanjutan untuk teknisisesuai dengan perkembangan laptop
  7. Bertanggung Jawab memberikan dukungan schematicdan bios
  8. Bertanggung jawab membimbing untuk menyelesaikanservisan secara on line
  9. Menyediakan peralatan/tools yg dibutuhkan olehteknisi laptop
  10. Menyediakan komponen dan sparepart yg dibutuhkanuntuk service laptop
  11. Menetapkan harga dari JSL
Kewajiban franchisee
  1. Meyediakan tempat dengan standart telah ditentukan oleh franchisor
  2. Menyedian calon calon teknisi
  3. Menjamin keamanan terhadap unit laptop yg sudahmaupun yg belum service
  4. Menjamin materi,trik dan lainnya yg berhubunganteknik perbaikan laptop tdk di sebar luas kan
  5. Mengawasi dan mengendalikan pemasukan danpengeluaran jasa service serta memberikan laporan kepada Franchisor setiapbulannya dan bersedia di audit jika diperlukan .

Peralatan/tools

  1. Multitester Matech MS8040 1 bh
  2. Flasher bios 1bh
  3. Flasher KBC 1bh
  4. PSU Atten APS3005D 1 bh
  5. Solder tangan merek Hakko 2bh
  6. Blower solder Atten 1bh
  7. Mesin BGA Chinafix CF260 1bh
  8. Peralatan untuk reball 1set
  9. Screwdriver Set 2set
  10. Magnifer lamp 1bh
  11. Unit computer core 2 duo monitor 20” 2bh
  12. Printer color standard canon IP2770
  13. Printer dot matrik Epson lx300 +II
  14. Pinset merek A 3bh
  15. Rak komponen 1bh
  16. Pembersih laptop 2bh
  17. Gunting 3 bh
  18. Cutter 3bh
  19. Flux atten
  20. Periperal dan komponen tester
  21. dll
Pembelian peralatan diatas dan biaya pelatihan diambil dari pembayaran Franchisee fee .

Periperal dan component
Untuk kelancaran operasional workshop Franchisee diwajibkan menyediakan/menyetok Periperal sepertiLCD/LED,Keyboard,Hardisk,memory,adaptor,battery dan lain lainnya masing masing minimal 1 bh dimana hasil penjualan peripheral tidak dikenakan technical fee kecuali jasa pemasangan.

Pembiayaan
  1. Franchisee berkewajiban untuk membayar fee sebesar Rp. 150.000.000 (untuk 5 Franchisee pertama)
  2. Franchisee berkewajiban untuk membayar 10%technical fee dari total penerimaan jasa kotor setiap bulannya.


Management dan Kontroling
........................................

No comments:

Post a Comment